Minggu, 06 Januari 2013
Minggu, Januari 06, 2013

RESUME PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI UAS

Karakteristik Web 1.0
- Halaman website statis dan umumnya berupa hasil dari syntax HTML
- Konten atau isi dari website sepenuhnya dikendalikan oleh pembuat website
- Hanya dapat diakses melalui komputer
- Pengguna atau pengunjung hanya dapat melihat konten atau isi dari website
- Penggunanya ditujukan untuk kalangan tertentu dan individu
- Tujuan dari website ini (dipandang dari segi pemasaran) adalah  mempengaruhi
- Satu sumber data
- Pengembangan bersifat dari atas ke bawah


Karakteristik Web 2.0
- Halaman website bersifat dinamis dan merupakan hasil dari syntax XML dan Javascript
- Konten atau isi dari website kebanyakan dikendalikan oleh peran serta pengguna
- Bisa diakses melalui komputer dan smartphone
- Konten diciptakan oleh pengguna
- Adanya komunitas pengguna
- Tujuan dari website ini (dipandang dari segi pemasaran) adalah  Penjalinan hubungan
- Pengembangan bersifat dari bawah ke atas
- Data berasal dari banyak sumber

Karakteristik Web 3.0
- Merupakan semantic web (menggunakan prinsip manusia dalam membaca informasi)
- Website bersifat 3 dimensi dan visualisasi yang baik
- Pencarian tidak hanya menggunakan keyword tetapi juga menggunakan foto, audio dan video
- Pengaksesan web semakin mudah dan dapat dilakukan diberbagai media yang terhubung dengan internet

Business Intelligent
Merupakan serangkaian (sekumpulan) sistem informasi dan teknologi yang digunakan untuk mendukung proses pengambilan keputusan level manajerial atau operasional dengan menyediakan hasil pengolahan informasi baik internal maupun eksternal perusahaan

Beberapa contoh penggunaan Business Intelligent :
- Segmentasi pasar, berguna untuk meningkatkan hubungan dan kepuasan konsumen dengan personalisasi
- Deteksi kecurangan atau kesalahan yang dapat merugikan pihak konsumen maupun produsen
- Pengukuran keuntungan perkonsumen

e-Business
Integrasi antara penggunaan teknologi informasi dan internet dalam proses bisnis sebuah perusahaan atau dengan kata lain proses bisnis yang dijalankan dengan menggunakan dukungan intenet dan teknologi informasi.

e-Commerce
Merupakan bagian dari e-Business yang terfokus pada kegiatan jual-beli dan hubungan antara produsen dan konsumen.

m-Commerce
Merupakan bagian dari e-Commerce yang spesifik pada proses transaksi yang dilakukan secara elekrtronik melalui jaringan internet dan seluler. Selain dilakukan secara remote melalui jaringan seluler, transaksi m-Commerce juga dapat dilakukan secara local service dengan menggunakan Bluetooth dan RFID

Kelebihan m-Commerce
- Ubiquity : pengguna dapat mengakses dari mana saja dan kapan saja
- Security : pada umumnya handset dilengkapi dengan smart card reader dan smart card-nya, sehingga bisa digunakan sebagai secret authethication key
- Localization : memungkinkan untuk diterapkannya location based services
- Convenience : ukuran dan berat dari handset membuat pengguna nyaman dalam bertransaksi
- Personalization : handphone merupakan perangkat yang bersifat personal, sehingga memungkinkan untuk menawarkan layanan/produk yang bersifat personal

Kekurangan m-Commerce :
- Tingkat keberagaman perangkat, jaringan, dan sistem operasi yang sangat tinggi
- Tingginya tingkat kehilangan / pencurian perangkat handheld
- Kerawanan security

0 komentar:

Posting Komentar