Sabtu, 19 Januari 2013

QR Code Sebagai identitas

QR adalah singkatan dari Quic response, sesuai harapan pembuatnya yang menginginkan kode ini segera didekode. Seperti halnya barcode, dibalik kode matriks itu tersimpan sebuah data/informasi, yakni informasi kontak, alamat email, alamat email, url, nomor telepon, nama perusahaan, jadwal acara, dan teks. Kode ini berguna untuk memberikan si pemilik blog/ anda. Misalkan saat ini blog anda sudah terkenal di dunia cyber tapi anda takut tidak dipercaya sebagai pemilik blog tersebut, dan QR Code ini jadikan sebuah bukti bahwa anda adalah orang yang mempunyai blog tersebut. 
Bagaimana caranya membuat QR Code? Berikut langkah-langkahnya :

1. Silahkan Masuk ke http://zxing.appspot.com/generator/
2. Lengkapi semua form yang telah disediakan seperti dibawah ini.

Barcode Size di atas maksudnya adalah besar dari ukuran barcode yang akan dihasilkan. Kalau sudah lengkap dan sesuai dengan keinginan anda klik Generate untuk membuat QR Code. Hasilnya seperti dibawah ini.
3. Masukkan kode yang dilingkari warna merah diatas di blog/site anda di tata letak>HTML/Javascript, dan letkkan di sidebar atau di postingan blog anda. Nah kode inilah yang akan menjadi tanda pengenal untuk blog anda.

Owh iya, Kode ini tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Jadi anda harus download softwarenya dahulu untuk membaca barcode tersebut.

Aplikasi Decode-nya bisa anda download di:
untuk pengguna Handphone, download disini http://reader.kaywa.com/
Untuk pengguna desktop/PC download disini http://www.quickmark.com.tw/en/basic/downloadPC.asp

Dengan QR Code ini tentu tidak ada orang lain yang ingin mengakui blogmu sebagai blognya. Jadi orang lain gk bakal berani mengaku-ngaku.

~ Semoga Membantu ~

1 komentar: