Jumat, 12 Oktober 2012

Tugas Resume Manajemen Umum


Pengantar Manajemen

POKOK BAHASAN :

Pengantar Manajemen

SUB POKOK BAHASAN :

• Pengertian Manajemen

• Pengertian Organisasi

• Fungsi Dasar Manajemen

• Ketrampilan Manajer

• Tingkatan Manajemen

• Tantangan Manajem


Mengapa Manajemen itu diperlukan?
1. Mencapai tujuan
2. Menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan
3. Mencapai efisiensi dan efektivitas
-Efisien,Melakukan sesuatu dengan benar
-Efektif,Kemampuan untuk memilih sasaran yang tepatuntuk mencapai tujuan



Manajemen sebagai Ilmu dan seni
Manajemen sebagai Ilmu,berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja sama untuk mencapai tujuan dan membuat sistem kerjasama ini lebih bermanfaat bagi manusia
Manajemen sebagai seni, seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain

Manajemen sebagai profesi (Edgar H.S.)
1. Para profesional membuat keputusan atas dasar prinsip-prinsip umum
2. Para profesional mendapatkan status karena mencapai standar prestasi kerja.
3. Para profesional ditentukan oleh kode etik, disiplin untuk mereka menjadi kliennya


Proses manajemen
- Planning
- Organisasing
- Actuating
- Controlling
- People different

LINGKUNGAN ORGANISASI

Lingkungan organisasi, Individu atau kelompok yang secara langsung atau tidak langsung dipengaruhi atau mempengaruhi cara sebuah organisasi dalam mencapai tujuannya (stoner).

Jenis-jenis lingkungan organisasi
• Lingkungan internal
• Lingkungan eksternal

Lingkungan Internal:

“Variabel-variabel (kekuatan dan kelemahan) yang ada di dalam organisasi tetapi biasanya tidak dalam pengendalian jangka pendek dari manajemen puncak


Yaitu :
•Struktur (komunikasi,wewenang, arus kerja)
•Budaya
•Sumber daya(men,money,method,machine,market)
•Pemegang Saham

Lingkungan Eksternal:
- Mikro
- Makro

Lingkungan eksternal mikro:
1. Pesaing (Tipe,jumlah,norma perilaku organisasi, dll)
2. Pelanggan (profil pasar, langganan)
3. Pasar Tenaga Kerja (kemampuan menarik & mempertahankan personalia)
4. Pemasok (Agen)
5. Pemerintah (Prosedur-perijinan, pembatasan)
6. Lembaga keuangan(perusahaan asuransi,pasar modal, bank-bank komersial)

Lingkungan eksternal makro:
- Teknologi
- Ekonomi (melakukan peramalan ekonomi)
- Politik-hukum (undang-undang hak paten, undang-undang perpajakan,dll)
- Sosiokultural (demografi,gaya hidup, nilai-nilai sosial)

Ketidakpastian lingkungan :
- Lingkungan dinamis (industri rekaman)
- Lingkungan stabil (perusahaan zippo)



PLANNING

VISI, MISI, & Tujuan Organisasi
Visi:
-Cita-cita/impian
-sesuatu yang ingin dicapai dan tidak dikuantifikasikan(abstrak),
-Visi merupakan impian para pendiri atau ditetapkan oleh perusahaan .
-Karena visi masih dalambentuk abstrak maka perlu diterjemahkan kedalam misi.
-visi adalah gambaran ideal tentang dimana dan bagaimana perusahaan berwujud di waktu yang akan datang

Misi:
- Suatu pernyataan yang menterjemahkan visi dalam bentuk business definition.
- Cara-cara yang paling sesuai dalam mencapai suatu cita-cita.

Tujuan Organisasi
- Pernyataan yang menterjemahkan tentang misi
- Sifatnya masih global.

Tujuan organisasi adalah suatu pernyataan tentang keadaan yang diinginkan dan akan direalisasikan oleh organisasi.

Tujuan organisasi sebagai fungsi:
1. Pedoman bagi Kegiatan
2. Sumber Legimitasi
3. Standar Pelaksanaan
4. Sumber motivasi
5. Dasar rasional pengorganisasian

Penetapan tujuan yang baik
• Spesifik : jelas apa yang ingin dicapai
• Realistis : Bisa dicapai
• Terukur : Memiliki ukuran-ukuran tertentu untuk menentukan keberhasilannya

Tujuan dalam proses perencanaan:
• Tujuan (Goals), adalah merupakan hasil akhir yang diharapkan dapat diraih atau dicapai oleh individu, kelompok atau seluruh organisasi.
• Rencana (Plans) adalah segala bentuk konsep dan dokumentasi ttg bagaimana tujuan akan dicapai


Planning defined
Perencanaan adalah sebuah proses yang dimulai dari penetapan tujuan organisasi menentukan strategi untuk pencapaian tujuan organisasi tersebut secara menyeluruh. Serta merumuskan sistem perencanaan yang menyeluruh untuk mengintegrasikan dan mengkordinasikan seluruh pekerjaan organisasi hingga tercapainnya tujuan organisasi (Robbins dan Couter,2007)

• Planning defined biasa menggunakan kata-kata seperti :
- What
- When
- Who
- How




Dikatan perencanaan itu penting karena,
- Pengaruh organisasi
- Minimalisasi ketidakpastian
- Minimalisasi inifisiensi/ edudansi sumber daya
- Sebagai standar untuk pengawasan kualitas


Manfaat perencanaan:
1. Membantu manajemen u/ menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
2. Memudahkan pemahaman manajer pada gambaran kegiatan
3. Pembagian tanggung jawab lebih cepat
4. Dapat memberikan perintah dengan tepat
5. Memudahkan koordinasi antar bagian organisasi
6. Meminimumkan pekerjaan yang tidak pasti

Kelemahan perencanaan :
1. Pekerjaan yang tak tercakup dalam perencanaan
2. Perencanaan cenderung menulis kegiatan
3. Mebatasi inovatif dan inisiatif

Persyaratan perencanaan
1. Faktual
2. Logis dan rasional
3. Komitmen
4. Mengkomprehensif dan menyeluruh



Suatu masalah dapat di ketahui dari, yaitu:
• Pengalaman dari masa lalu
• Ketidaksesuaian dengan rencana
• Dari orang lain, (seperti konsultan dengan para clientnya)
• Prestasi pesaing


Decision-Making
• Decision
-Making a choice from two or more alternatives
• Decision Making Process
-A set of eight steps that includes, identifying a problem,selecting a solution, and evaluating the effectiveness of the solution.
• Problem
- A discrepancy between an exciting and the desired state of affairs.
• Decision Criteria
-Restore that are elevant in a decision
Decision Making Process
• Step 1 = Identifying a problem
-Problem
-Characteristic
• Step 2 =Identifying Decision Criteria
-Biaya yang dibutuhkan (investasi yang dibutuhkan )
-Adanya risiko (Kemungkinan kegagalan)
• Step 3 = Allocating weights to the Criteria
-Kriteria keputusan tidak sama pentingnya
• Step 4 = Developing alternatives
-Identifying viable alternatives
• Step 5 = Analyzing alternatives
Appraicing each alternatives strenght and weakness
• Step 6 = Selecting an alternatives
-Chaosing the best alternatives
• Step 7 = Implementing the alternatives
The selecting alternatives must be implemented by effectively communicating the decision to the individuals
• Step 8 = evaluating decision effertiveness
This last step in the decision making process .

Types of problem and decisions
• Structured Problems and programmed decisions
• Unstructured problem and Nonprogrammed decisions.

Types of the problems and decisions
• Structured problems
• Programmed decisions

Decisions Making Conditions
• Certainty
• Risk dalam kondisi 50:50 (fifty fifty)
• Uncertainty

Pengambilan keputusan yang efektif
• Memahami perbedaan budaya
• Tahu kapan saatnya berhenti.
• Gunakan Proses pengambilan keputusan yang efektif


Pengorganisasian
Proses Penyusunan organisasi yang sesuai dengan tujuan dan sumber daya yang dimilikinya

Konsep dasar pengorganisasian
-Manager mengalokasikan Sumber Daya Organisasi sesuai dengan planning

Tujuan pengorganisasian :
• Membagi pekerjaan yang harus dilakukan di sejumlah departemen
• Membagi tugas-tugas dan tanggung jawab
• Mengkoordinasikan berbagai tugas organisasi
• Membagi hubungan individu, kelompok dan departemen
• Menetapkan garis wewenang

Faktor-faktor yang mempengaruhi struktur organisasi
• Strategi organisasi, Bagaimana aliran wewenang dan saluran komunikasi disusun diantara para manager dan bawahan
• Skala organisasi, Besarnya organisasi berpengaruh terhadap pembuatan struktur organisasi
• Teknologi, Perbedaan teknologi yang digunakan untuk memproduksi barang-barang atau jasa aka membedakan bentuk struktur organisasi
• Lingkungan, terdiri dari lingkungan internal dan eksternal

4 Pilar pengorganisasian
• Pilar pertama ,(division of work)
Upaya untuk menyederhanakan seluruh kegiatan dan pekerjaan
• Pilar kedua,(pengelompokan pekerjaan)/Departementalisasi
Adalah proses pengelompokan dan penamaan bagian atau kelompok pekerja berdasarkan kriteria tertentu

Tipe departementalisasi
• Bedasarkan fungsional
+ = Penanganan yang lebih efektif dan efisien terhadap masalah regional yang muncul
- = Duplikasi Fungsi

• Berdasarkan geografis
+ = Melyani kebutuhan pasar geografis/ lebih baik
- = Merasa terisolir dari wilayah organisasi lainnya

• Berdasarkan produk
+ = Memungkinkan spesialisasi dalam produk atau jasa tertentu
• Berdasarkan proses
+= Arus kegiatan kerja yang lebih baik industri mereka
-= Hanya dapat digunakan pada jenis produk tertentu.
• Berdasarkan pelanggan( Customer Departementalisasi)
+ = Customer needs and problems can be met by specialist
-= Duplication of fungsional
Limited view of organizational goals
Pilar ke tiga,
Hierarcy adalah proses penentuan relasi antar bagian dalam organisasi baik secara vertikal maupun horisontal.
Faktor-faktor rentang kendali
- Keahlian dan kemampuan manager
- Karakteristik karyawan
- Sifat pekerjaan yang sedang di kerjakan
- Kesamaan tugas
- Kerumitan tugas
- Standarisasi pekerjaan yang ditetapkan
Sentralisasi & Desentralisasi
• Sentralisasi, Dimana pengambilan keputusan terkonsentrasi pada satu titik dalam organisasi
• Desentralisasi, pendelegasian wewenang dalam membuat keputusan dan kebijakan kepada orang-orang pada level di bawahnya
• Pilar ke empat,Koordinasi
Koordinasi adalah proses dalam mengintegrasikan seluruh aktivitas.

3 macam saling ketergantungan

Saling ketergantungan yang saling menyatu




Saling ketergantungan yang saling berurutan



 Masalah masalah pencapaian koordinasi yang efektif
• Perbedaan orientasi terhadap tujuan tertentu
• Perbedaan dalam orientasi waktu
• Perbedaan dalam orientasi antar pribadi
• Perbedaan formalitas struktural

















0 komentar:

Posting Komentar